Jumat, 24 Agustus 2012

Peraturan ngeBLOG !!

Untuk menjadi seorang blogger yang baik, tentu saja terdapat peraturan-peraturan yang seharusnya wajib kudu dipatuhi, demi kenyamanan kita berkreasi  dan mencari informasi, apa aja sih ? yuk kita simak :D

1. Plagarism
Buat yang pertama yaitu plagarism atau yang sering kita sapa plagiat
yang dimaksud plagarism/plagiat adalah bahwa anda mencuri idea dari orang lain dan menyatakan idea itu milik anda. Jadi hindari mengambil idea orang lain sebagai tajuk posting anda tanpa seizin sang pemilik, artinya bukan berarti kita tidak boleh mengcopy paste, tapi untuk menghargai sang pemilik dan karyanya itu sebaiknya kita menyertakan SUMBER asal dari karya tersebut.

2. Copyright
 
Selanjutnya adalah copyright
Pastikan anda tidak meletakkan kandungan blog anda yang mempunyai item ( seperti gambar ) copyright ataupun hakcipta terpelihara, Jika ini terjadi, berhati-hatilah karena hal ini dapat menyebabkan pemilik hakcipta berkuasa mengenakan tindakan atas perbuatan anda. 


 3. Permission
Kemudian, permission
Apabila anda ingin mengambil pemikiran orang lain ataupun menggunakan karya orang lain, pastikan anda mendapat permisson (keizinan) dari sang pemilik.

4. Legal

Jika ingin menulis informasi, hendaklah informasih tersebut adalah informasih yang legal atau sesuai dengan fakta adanya.

5. Saling Menghargai
Hargailah karya orang lain jika karya kita pun ingin dihargai oleh orang banyak kelak.

6. Sopan
Sopan dalam arti bertindak sewajarnya, hindari unsur SARA dalam berkomentar, biasakan menggunakan bahasa yang baik dan benar agak tidak terjadi kesalah pahaman antara blogger.

Tidak ada komentar: