Kamis, 23 Agustus 2012

Fakta Menarik Seputar Bumi (Lanjutan)

16. Berapa jauh ke dalam perut bumi ?

Jarak dari permukaan bumi ke dalam perut bumi (pusat bumi) sekitar 3.963 miles ( 6.378 kilometer). Kebanyakan dari bumi adalah cairan, bagian keras bumi hanya setebal 41 miles (66 kilometer) atau berbicara relatif lebih tipis dari kulit apel.

17. Apa gunung tertinggi di bumi ?


Gunung tertinggi di bumi adalah Mount Everest di bagian Nepal-Tibet pegunungan Himalaya mencapai tinggi sekitar 29.035 feet ( hapir 9 kilometer) di atas permukaan laut. Tingginya kemudian direvisi lebih tinggi 7 feet berdasarkan pengukuran melalui GPS satelit pada tahun 1999.


18. Apakah Bulan selalu begitu dekatnya ?


Beberapa juta tahun yang lalu bulan lebih dekat dengan bumi. Bulan ada pada orbit terdekatnya membutuhkan hanya 20 hari untuk berputar mengelilingi kita menandai satu bulan kalendar. Satu hari di bumi pada saat itu hanya 18 jam lamanya. Bulan masih bergerak menjauh sekitar 1,6 inci (4 cm) per tahun, sementara rotasi bumi semakin pelan, memperpanjang hari kita di masa depan 1 hari 960 jam lamanya.

19. Dimanakah titik daratan terendah di bumi ?


Pantai Laut Mati di Timur tengah sekitar 1300 feet atau 400 meter di bawah permukaan laut yang kedua Bad Water di Death Valley, California hanya 282 feet di bawah permukaan laut.

20. Sungai Apakah yang terpanjang di bumi ?


Sungai Nil di Africa membentang 4.160 miles atau 6.695 kilometer.

21. Tempat apakah yang tergersang di bumi ?


Sebuah tempat bernama Arica di Chile, hanya memiliki curah hujan sebesar 0.76 milimeter per tahun. Dengan tingkat seperti itu akan membutuhkan 1 abad untuk mengisi 1 cangkir kopi.

22. Apa yang menyebabkan Tanah Longsor ?


Hujan yang terus menerus dalam waktu singkat menyebabkan pendangkalan lumpur dan reruntuhan mengalir. Secara perlahan, hujan yang terus menerus pada periode yang lama akan menyebabkan longsor yang dalam dan bergerak lambat, material berbeda akan berperilaku berbeda pula. Setiap tahun di Amerika terjadi gempa yang menyebabkan kerugian $2milyar di AS, dalam badai besar di wilayah San Fransisco pada Januari 1982 sekitar 18.000 reruntuhan mengalir dalam 1 malam, kerugian diperkirakan $66 juta dan 25 orang meninggal.

23. Apakah benda di perut bumi kita bergerak ?


Pada tahun 1999 para ilmuan menemukan bahwa material cair di dalam dan di sekeliling perut bumi bergerak, pergerakan dinamik tersebut sama seperti tornado dan planet kita bergerak dengan cara yang aneh.

24. Apakah Lembah Terbesar di bumi ?


Grand Canyon adalah lembah terbesar di bumi, panjang cabang utamanya 277 mil (446 km). Tapi mari kita bandingkan, Valles Marinesis di Mars tersebar mencapai sekitar 3000 mil (4.800 km), jika ditambahkan pada peta AS, maka akan membentang dari New York Ke kota Los Angeles, di Mars celah dari lembah ini mencapai kedalaman 8 kilometer.

25. Berapa banyak gunung berapa di bumi yang telah meletus selama sejarah ?


Terdapat 540 gunung berapi di darat yang diketahui, tidak ada yang mengetahui berapa banyak gunung berapi bawah laut yang meletus dalam sejarah.
26. Apakah sebagian besar udara adalah oksigen ?

Atmosfir Bumi sebenarnya 80 persen nitrogen, kebanyakan sisanya oksigen dengan beberapa bagian kecil material lain di dalam nya.
27. Berapa persenkah Air di Bumi berada di lautan ?

Sekitar 97 % lautan menutupi hampir 2/3 dari permukaan bumi yang artinya jika asteroid menabrak bumi kita kemungkinan terbesarnya adalah menghantam lautan.
28. Bagian Bumi manakah yang memiliki Persediaan air tawar terbesar ?


Hampir 70% persediaan air tawar di bumi tersimpan di lempengan es Antartica dan Greenland. Sisa dari persediaan air tawar tersebut terdapat di atmosfir, sungai, danau air bawah tanah yang hanya 1% dari persediaan air di bumi.
 29. Berapa banyak daratan yang terdapat di bumi ?

Ada sekitar 196.950.711 mil persegi atau sekitar 510.100.000 km persegi.
30. Danau apakah yang terbesar di bumi ?

 Berdasarkan ukuran dan volumenya adalah Laut Caspian, terletak diantara Eropa Timur dan Asia Barat.

Tidak ada komentar: